20 February 2012

Kajian Aspek fungsi / Untilitas pada Busana

Dalam mata kuliah Analisis Desain Mode, saya belajar mengenai SEMIOTIKA berbusana, ternyata busana itu banyak kajiannya looh,,, dalam busana bukan hanya sekedar busana, nah inilah my study journal hari ini, lets ceks this out :) 
Kajian Aspek fungsi / Untilitas pada Busana
pertimbangan aspek fungsional dalam mengkaji busanasebakai "pakaian" adalah menganalisis dalam   penggunaan produk busana ke arah layak tepat guna dan layak guna sehingga memberikan manfaat optimal pada si pemakai busana.
  • Kebutuhan Fisiologi ( Psysiological Needs) : format dalam berbusana mempertimbangkan berbagai hal yang berkaittan dengan tubuh manusia secara spesifik, yaitu berkaitan dengan gender, segmen usia, bentuk tubuh, dan aspek lain yang berhubungan dengan kondisi tubuh manusia.
  •  Kebutuhan Rasa Aman/ perlindungan ( Protection Needs) : selain melindungi secara fisik, busana pun melindungi secara psikis pemakainya dimana busana bisa memberikan kenyamanan, keamanan dan dapat meningkatkan motivasi pemakainya saat melakukan suatu kegiatan.
  • Kebutuhan  Untuk Tampil Lebih baik ( Decoration Theory) : setiap orang mempunyai dorongan untuk mengekspresikan dirinya  serta kebiasaan berdandan yang telah menjadi budaya , dorongan kretif untuk mengekspresikan diri manusia mengenai kemampuan bertujuan menambah kecantikan , rasa percaya diri.
Sumber : Analisis Desain Mode (Kajian Multi Dimensi Pada Busana) by. Winwin Wiana, S, Pd., M. Ds dan Suciati, S. Pd, M. Ds.

No comments:

Post a Comment