17 February 2012

Job List on Fashion Industry

On the class Desain Mode, I get some many knowledge about fashion, yaap bahasan hari ini tentang list dan job desk pekerjaan di fashion industy.lets cek this out!

  • Fashion Designer : Berperan menentukan fashion dunia,berdasarkan musim atau sering di sebut juga four season (Summer,Winter,Spring,Autum),mampu memprediksikan fashion, dapat mengaplikasikan sebuah ide dalam bentuk visual,dilihat dari material, teknik dan rupa, Mengetahui proporsi dalam suatu busana, bekerja yang dipimpin oleh seorang designer director.
  • Fashion Stylist : bertanggung jawab mix and match sebuah style busana. Bekerja pada suatu rubrik fashion exs. Fashion magazine. Membentuk image dalam suatu fashion, jadi seorang fashion stylist bisa juga kita sebut personal fashion karena dapat memberikan ciri fashion pada suatu personal atau individu.
  • Fashion Model : memiliki image personal yang "Fashionable" dan "Glamorous", selalu menjaga bentuk tubuh yang ideal dan penampilan dengan baik. bertanggung jawab memunculkan image suatu brand, merk, dan trademark. memunculkan image itu dari gestur tubuh ataupun pose, ada juga tahapan yang wajib di ikuti oleh fashion model ini, yaitu Casting -> Fitting -> Final Show.
  • Fashion Buyer : Memilih dan membeli product berupa karya dari fashion designer, biasa bekerja di departement store atau whole style clothing, berhubungan dengan budgeting dan planning marketing.
  • Visual Merchandicer : Harus memiliki good sense terhadap tampilan display fashion, berperan menetukan display dari sisi ligting, colour, theme, pada boutique, departement store, memiliki pengetahuan tentang visual agar suatu tampilan display dapat menarik perhatian fashion consument, memberikan window shopping dan berhubungan dengan interior design, dituntut mengenal tren mode saat ini.
  • Fashion Photographer : karya seorang fashion photographer dapat di lihat dalam fashion magazine, memahami photoshoot dan dapat mengembangkan ide foto dan mevisualisasikannya dalam sebuah foto. mampu menentukan lokasi yang tepat dan fashion model yang sesuai dengan karakter busana atau image busana yang ingin ditampilkan, memiliki personal touch dengan fashion model dengan kata lain mampu mengarahkan dan bekerjasama dengan fashion model.
  • Fashion Journalist : berkarya melalui tulisan, mengenai bidang fashion, yang dipublikasikan dalam majalah, koran ataupun webside, dituntut mengenal tren mode, profil designer, Photographer, public relation, dan fashion industry. bekerja untuk media tetap atau freelanc contributor, harus aware menghadiri dan mengamati fashion show.
  • Fashion Show Director : berhubungan dengan EO bertugas merancang serta menjalankan suatu acara fashion show.
  • Pattern Maker : Membuat pola busana, berkaitan dengan tecnical design.
  • Textile Designer : Bertugas merancang bahan material untuk diolah lagi menjadi busana ready to wear, pekerjaannya mendasari produksi busana.
  • Fashion Marketing : Bertugas memperkenalkan fashion product pada suatu brand fashion, mampu menempatkan produk sesuai target audience yang ingin didapat serta merancang strategi pemasaran.
yah begitulah penjelasan sekilas tentang job apa saja yang bisa kita lakukan dalam dunia fashion, so lets show your Passion of Fashion sister!

No comments:

Post a Comment